ARKIFM NEWS

Dukcapil KSB Terapkan Inovasi LABKD

Foto: Sekretaris Dukcapil KSB, Hj. Lenny Tovani, S.Pd., MM

Sumbawa Barat. Radio Arki – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) terus berinovasi dalam rangka mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.Salah satu pelayanan inovasi yang diterapkan Dukcapil adalah Layanan Adminduk Berbasis Kewenangan Desa (LABKD).

“Melalui program ini, kepengurusan administrasi penduduk dilakukan bekerjasama dengan desa sebagai bentuk pendekatan pelayanan terhadap masyarakat,” ujar Sekretaris Dukcapil KSB, Hj. Lenny Tovani, S.Pd., MM, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan, LABKD merupakan layanan kerjasama dengan desa dalam pengurusan Administrasi Kependudukan, agar masyarakat yang jangkauannya jauh dari kantor Dukcapil bisa mengurus di desa masing-masing. Nantinya pihak desa yang mengantarnya ke Dukcapil.

Konsep pelayanan ini akan digabungkan dengan inovasi “Lesehan” (Layanan Era Smart melalui Desa Kelurahan). Layanannya secara online. Desa bisa mencetak sendiri Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Akte Kematian. Sedangkan KTP dan KIA masih terpusat di Dukcapil.

Inovasi ini merupakan jawaban dari keluhan masyarakat terutama yang desanya jauh seperti Desa Talonang Baru dan lain lain, sehingga tidak sedikit masyarakat yang malas mengurus Adminduk-nya.

“Kami juga menegaskan bahwa dalam pelayanan kami tetap usahakan satu hari selesai pelayanan dan gratis. Yang penting tidak ada hambatan seperti sinyal dan sistem eror yang di luar kendali,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Danrem Pantau Pendebetan Rekening Pokmas di Gangga KLU

ArkiFM Friendly Radio

Babinsa Woro dan Anggota KPH Sigap Bantu Atasi Karhutla

ArkiFM Friendly Radio

Sederet Prestasi Jadi Kado Harlah Desa Tepas ke-112

ArkiFM Friendly Radio