ARKIFM NEWS

Wabup Sambut Baik Penerapan Aplikasi CMS Corporate Desa

Foto: Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST (Doc. FB Fud Syaifuddin)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST menyambut baik penerapan aplikasi Cash Management System (CMS) Corporate Desa, yang diinisiasi oleh Bank NTB Syariah dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Sumbawa Barat.

Menurut Wabup, melalui support aplikasi CMS Corporate Desa, tata kelola keuangan di Pemerintahan Desa semakin lebih baik. Tentunya dengan tetap memperhatikan ketentuan peraturan perundangan-undangan, sehingga apa yang direkomendasikan BPK RI dapat terlaksana dengan baik.

“Kita berharap aplikasi CMS ini, bisa membantu aparatur desa menata pengelolaan keuangan desa untuk lebih transparan dan akuntabel,” kata Wabup, pada kegiatan launching CMS di Hanipati Resto, Selasa (22/11).

Wabup menjelaskan, terbitnya UU Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, menjadikan Dana Desa sesuatu hal yang sangat menggiurkan, karena nilainya mencapai 1 M. Adanya kasus yang menyeret oknum aparatur desa, menjadikan pengelolaan keuangan dana desa benar-benar sangat perlu dikawal dan diawasi oleh semua pihak.

“Banyak fenomena yang menjerat aparatur desa khususnya kepala desa, dalam pengelolaan keuangan dan dana desa.  di KSB saja, sudah ada 7 Kepala Desa yang terjerat kasus korupsi Dana Desa, lima diantaranya sudah divonis dan dua lainnya sudah jadi tersangka,” kata dia.

Apabila semua lapisan desa berperan dengan baik, maka pengelolaan keuangan pun bisa dijaga. Koordinasi tidak cukup dilingkungan desa saja, harus sinergi setiap lapisan. Antara pemerintah pusat dengan daerah, pemerintah daerah ke pemerintah desa bahkan sebaliknya.

“Koordinasi dan konsultasi ketika ada hal hal yang masih belum dipahami menjadi suatu hal yang penting. Jangan malu bertanya, jika itu demi kebaikan,” kata Wabup.

Seperti diketahui, aplikasi CMS Corporate Desa merupakan salah satu produk layanan Bank NTB Syariah melalui internet (web based), untuk menunjang kemudahan dan kenyamanan nasabah dengan tetap mengutamakan keamanan dalam transaksi.

CMS Corporate Desa ini yang pertama dan satu-satunya yang digunakan di Sumbawa Barat. Aplikasi ini merupakan salah satu sistim aplikasi yang aman untuk bertransaksi dalam pengelolaan Dana Desa.

Salah satu kecanggihan dari CMS Banking adalah transaksi dapat dilakukan dimana saja, meskipun pejabat berwenang tidak berada di tempat kerja. Hal ini karena fiturnya memungkinkan untuk dapat diakses menggunakan versi mobile. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Diduga Lecehkan Wartawan, Ketua Agen PDPGR Maluk Dilaporkan Ke Polisi

ArkiFM Friendly Radio

Energi matahari solusi sumber listrik di daerah terpencil

ArkiFM Friendly Radio

Gubernur NTB Imbau Warga Tidak Rayakan Tahun Baru

ArkiFM Friendly Radio