ARKIFM NEWS

HUT Baznas Ke 22, Bupati: Pengelolaan Zakat Mengalami Kemajuan

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat, menggelar peringatan Hari Ulang Tahun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Ke-22 tahun 2023, di halaman Kompleks KTC, Senin (20/01).

Bupati Sumbawa Barat Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M mengatakan, bahwa kinerja Baznas Sumbawa Barat dalam pengelolaan zakat mengalami kemajuan dari tahun ke tahun.

“Ada kemajuan. Dari realisasi pengumpulan zakat pada tahun 2016 sebanyak 400 Juta, hingga pada tahun 2022 mencapai 7,8 M,” kata Bupati.

Selain pengumpulan zakat, kata dia, banyak program-program yang telah dijalankan oleh Baznas dengan menggunakan prinsip Asnaf, seperti Program Pendampingan dan Pembiayaan Orang-orang sakit yang dirujuk ke luar daerah.

“Selain itu, ada juga program kepeduliaan terhadap orang-orang terlantar dengan memberikan pembiayaan terhadap kebutuhan dasar mereka,” tambah Bupati.

Ada juga program santunan terhadap masyarakat miskin, melalui program FM 3,32. Dimana juga turut mengambil peran dalam upaya penurunan angka stunting di kabupaten sumbawa barat.

“Ada juga program beasiswa terhadap ana –anak penghafal al quran yang ada di pondok pesantren, pembiayaan dana bergulir terhadap pelaku umkm agar terlepas dari riba, program rehab rumah layak huni kerjasama dengan baznas provinsi ntb, program bantuan kegiatan kemasyarakatan, dan berbagai kegiatan lainnya,” lanjut dia.

Disamping banyaknya program program Baznas, Bupati berharap agar semangat mencintai daerah dapat terus diperbaiki. Dengan demikian, program program yang digulirkan akan lebih bermanfaat lagi bagi masyarkaat.

“Mari terus menerus kita perbaiki cara kita mencintai daerah ini. Perbaiki mindset dan cara berpikir kita dalam berbagai persoalan. Mari bangun jalan pikiran masyarakat KSB agar harapan dan cita-cita kita bersama dalam mewujudkan KSB Baik di masa yang akan datang dapat terpenuhi”, tandas Bupati.

Seperti diketahui, perayaan Hari Ulang Tahun Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Ke-22 merupakan bagian dari pelaksanaan upacara syukur ke-1 tahun 2023 berjalan lancar.

Seperti biasa kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, ST., Sekretaris Daerah Sumbawa Barat Amar Nurmansyah,ST., M.Si., seluruh ASN lingkup KTC dan unsur Forkopimda. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Pemerintah Desa Mujahiddin Mengucapkan Dirgahayu Republik Indonesia ke-78

ArkiFM Friendly Radio

Pemdes Tua Nanga Siapkan Rp 171 Juta Untuk Programkan Pestisida Gratis

ArkiFM Friendly Radio

Hamilton Nantikan Rivalitas dengan Bottas

ArkiFM Friendly Radio