NEWS

Pemkab KSB Akan Bangun Puskesmas Baru di Kecamatan Taliwang

Foto: Kepala Dinas Kesehatan KSB, Hj. Erna Idawati, SE

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Kesehatan, melaporkan bakal membangun satu puskesmas baru di Kecamatan Taliwang untuk tahun anggaran 2023. Pembangunan puskesmas baru tersebut pasalnya sangat dibutuhkan, oleh karena faktor untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan pada sarana kesehatan ditingkat kecamatan.

“Lokasinya di Dusun Perjuk, Kelurahan Telaga Bertong Kecamatan Taliwang. Untuk langkah awal telah disiapkan anggaran untuk pembebasan lahan sebesar 30 are, selanjutnya nanti akan diusulkan pembiayaan pembangunan fisik sebesar Rp 7,3 milyar,” terang kepala Dinas Kesehatan KSB, Hj. Erna Idawati, SE kepada media ini, Selasa (24/1) siang kemarin.

Puskesmas ini nantinya akan menjadi Puskesmas Taliwang 2, dengan harapan dapat mendekatkan dan memaksimal pelayanan di wilayah sebelah kecamatan Taliwang, seperti Desa Lalar Liang, Desa Labuhan Lalar, Kelurahan Telaga Berong, Desa Banjar, Desa Batu Putih, dan sekitarnya.

Selain faktor untuk memaksimalkan pelayanan, pembangunan Puskesmas Baru di Taliwang juga menjadi kebutuhan yang mendesak, karena padatnya jumlah penduduk dan telah diatur dalam ketentuan aturan perundang-undangan yaitu Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2010 tentang pusat Kesehatan Masyarakat.

“Jumlah penduduk Taliwang itu tinggi, sekitar 60 ribuan jiwa. Sedangkan dalam ukuran pelayanan kesehatan yang baik, dengan jumlah tersebut dan jumlah tenaga kesahatan yang ada saat ini, maka belum dapat dinyatakan ideal. Untuk itu sangat penting pembangunan ini dilakukan,” bebernya.

“Walaupun dengan adanya dua Puskesmas di kecamatan Taliwang, namun tetap saja tidak ada pembatasan bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan kesehatan di kedua puskesmas yang ada.” Tandasnya. (Iwenk/Advertorial. Radio Arki)

Related posts

BRI Diminta Terus Bantu dan Dampingi Pelaku UMKM di NTB

ArkiFM Friendly Radio

Cagub NTB Diberikan Kesempatan Sosialisasi Di Forum Yasinan

ArkiFM Friendly Radio

Mesin Perangkat Cuci Darah RSUD Asy Syifa Alami Kerusakan

ArkiFM Friendly Radio