NEWS

Tingkatkan Layanan Kesehatan, Dikes KSB Luncurkan Program Ini…

Taliwang. Radio Arki – Pelayanan kesehatan di Sumbawa Barat terus ditingkatkan, berbagai program juga telah diluncurkan. Termasuk upaya untuk mengintegrasikan pelayanan Posyandu dengan pelayanan kesehatan lainnya.


Demikian diterangkan, kepala dinas kesehatan Sumbawa Barat, Ernaidawati, SE, kepada media ini, belum lama ini.


“Ada program posyandu Prima. Program ini nantinya akan dijadikan sebagai wadah pemberdayaan masyarakat yang memberikan pelayanan kesehatan dasar dan pelayanan lainnya. sesuai dengan kebutuhan, secara terintegrasi di desa dan kelurahan, ” terangnya.


Ia menjelaskan, Posyandu Prima memiliki fungsi menyatukan pelayanan dalam satu tempat agar masyarakat lebih mudah mendapat berbagai pelayanan kesehatan. Pelayanan Posyandu Prima fokus pada transparansi sistem pelayanan kesehatan primer, seperti mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa dan dusun, termasuk untuk memperkuat promosi dan pencegahan serta resiliensi terhadap pandemi.


Paket pelayanan yang bisa didapatkan masyarakat mulai dari siklus kehidupan, seperti ibu hamil, persalinan, nifas, bayi, balita, usia sekolah dan remaja pada usia produktif dan lansia.


“Bedanya dengan posyandu pada umumnya hanya melayani masalah kesehatan ibu dan anak saja,” tukasnya


Posyandu Prima ini, kata dia, juga bertanggung jawab untuk hasil status kesehatan masyarakat di tingkat desa dan kelurahan. Misalnya, masalah kesehatan di setiap siklus hidup yang ingin diatasi pada ibu hamil, bersalin dan nifas terjadi status kurang gizi pada ibu hamil, kehamilan, persalinan dan nifas berisiko.
Bahkan, kata dia, kader Posyandu Prima bertugas melakukan kunjungan ke rumah warga untuk memastikan keluarga sudah mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Termasuk melakukan penemuan dini masalah kesehatan dan tanda bahaya, monitoring kepatuhan dalam pengobatan sehingga masyarakat dapat terlayani dengan maksimal.” Demikian, tutup Erna. (Iwenk.Radio arki)

Related posts

Indeks Desa Membangun Di KSB Diharapkan Terus Meningkat

ArkiFM Friendly Radio

NPHD Pilkada KSB Diteken, KPU Dapat Hibah 11,5 Miliar dan Bawaslu 5,4 Miliar

ArkiFM Friendly Radio

Tempat Wisata di KSB Mulai Menerapkan Protap Kesehatan

ArkiFM Friendly Radio
error: Content is protected !!