ARKIFM

Wakili NTB, Perwakilan KSB Ikuti Temu Karya Tani Nelayan Inovator di Penas Padang

Sumbawa Barat. Radio Arki – Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dalam mengikuti temu karya tani nelayan inovator di Kota Padang.

Momen ekspose inovasi petani dan nelayan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Pekan Nasional Tani Nelayan (Penas) ke XVI di Kota Padang, yang terlaksana mulai tanggal 10 hingga 15 Juni 2023.

Terpilihnya Sumbawa Barat sebagai perwakilan NTB, karena pada pelaksanaan temu karya tingkat NTB tahun 2023 di Lombok, KSB berhasil mengalahkan 10 Kabupaten/Kota lainnya, sehingga layak dijadilkan perwakilan NTB pada temu karya PENAS.

Kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Bappeda Propinsi Sumatera Barat, pada Senin (12/06), menampilkan teknologi tepat guna bidang pretanian yang diberi nama Ispalog yang merupakan singkatan dari Isian Pemadatan Baglog.

Tampil sebagai pembahas dalam kesempatan tersebut yaitu Hasanuddin, Sri molah, Jihad abdullah, dan dua orang pendping dari Propinsi yaitu M. Said, dan M. Darwis, SP.

Dalam pemaparannya, Hasanuddin menjelaskan tentang Ispalog yang merupakan teknologi tepat guna bidang pertanian spesialis budidaya jamur tiram.

Hasanuddin mencoba menerangkan tentang keunggulan Ispalog sebagai temuan baru yang dapat memberikan kemudahan, keamanan, dan memiliki nilai ekonomi dan produktif dalam usaha budidaya jamur.

Untuk meyakinkan para dewan juri, tim KSB langsung mempraktekkan cara penggunaan Ispalog dihadapan audiens.

Dalam kesempatan tersebut terdapat 21 peserta Se Indonesia yang bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Dalam penyampaian akhir dewan juri menyampaikan bahwa, Temu karya ini sebagai upaya untuk menemukan karya anak bangsa dalam bidang pertanian yang dapat di reflikasi, duplikasi untuk kedepannya dapat neningkatkan produktifitas pertanian. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Konflik Tanah Negara Di Talonang, Bupati KSB Pilih Sikap Begini

ArkiFM Friendly Radio

Warga Perjuk Balad Keluhkan Matinya Lampu Jalan

ArkiFM Friendly Radio

ASN di KSB Banyak yang Kabur Saat Tes Urine

ArkiFM Friendly Radio