ARKIFM

KTNA KSB Raih Peringkat 1 Ajang Temu Karya PENAS 2023 di Kota Padang

Sumbawa Barat. Radio Arki – Prestasi membanggakan berhasil diraih Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), pada ajang Pekan Nasional Tani Nelayan (PENAS) ke XVI di Kota Padang, yang terlaksana mulai tanggal 10 hingga 15 Juni 2023.

KTNA KSB berhasil meraih peringkat 1 pada ajang temu karya tani nelayan inovator, menyisihkan 21 peserta perwakilan Provinsi lain. Momen ekspose inovasi petani dan nelayan tersebut, merupakan salah satu rangkaian kegiatan PENAS ke XVI.

Setelah melewati proses penilaian oleh tim juri di Gedung Bappeda Propinsi Sumatera Barat pada hari Selasa (12/06), Tim NTB yang diwakili oleh KTNA KSB dan dua orang dari Dinas Pertanian Propinsi NTB, berhasil meyakinkan dewan juri dalam pemaparan dan presentasi karya.

Proses penerimaan hadiah berlangsung di Kantor Bappeda Propinsi Sumatera Barat pada hari Rabu (13/06).

Karya bidang pertanian yang diberi nama Ispalog (Isian Pemadatan Baglog) yang merupakan alat budidaya jamur, merupakan karya teknologi yang Mewakili propinsi NTB dalam kompetisi tersebut.

Sebelumnya, pemaparan Tim NTB diwakili oleh KTNA KSB, yang terdiri dari Hasanuddin, Srimolah, Jihad Abdullah, dan dua orang pendamping dari Propinsi yaitu M. Said, dan M. Darwis, SP, telah menyampaikannya dengan lugas, sehingga para dewan juri memberikan apresiasi terbaik kepada tim NTB.

Ispalog adalah sebuah teknologi yang sederhana, mudah dibuat, harga murah, tetapi cukup efektif dalam membantu budidaya petani jamur. Teknologi seperti itulah yang dibutuhkan oleh petani Indonesia saat ini, guna mendukung produktifitas pertanian di masa mendatang.

Seperti diketahui, Tim NTB meraih peringkat 1 Nasional, yang selanjutnya diikuti oleh Propinsi Bangka Belitung sebagai juara 2, juara 3 Propinsi Jawa Barat, juara harapan 1 Propinsi Sulawesi Barat, serta juara harapan 2 Kalimantan Timur. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Cagub NTB Diberikan Kesempatan Sosialisasi Di Forum Yasinan

ArkiFM Friendly Radio

DISHUB KSB Bakal Melakukan Operasi Penertiban Angkutan Umum

ArkiFM Friendly Radio

Biaya Pendaftran Jalan Sehat Peringatan Hari Bakti PU Bakal Didonasikan

ArkiFM Friendly Radio