NEWS

Status Indeks Desa Membangun Menjadi Maju, Sahriluddin : Ini Capaian Rakyat…

Kades Batu Putih dan pendamping desa sedang penyerahan Berita Acara IDM (sumber. Radio Arki)

Sumbawa Barat. Radio Arki – Status Indeks Desa Membangun (IDM) yang merupakan indikator untuk mengukur capaian pembangunan desa untuk Desa Batu Putih naik menjadi Maju. Capaian itu kata Kepala Desa Batu Putih, Sahriluddin merupakan capaian rakyat.

“ini bukan sekedar tentang ukuran capaian pembangunan. Tetapi gambaran tentang dukungan rakyat terhadap pembangunan,” ujarnya, Rabu (21/6) pagi tadi.

Dijelaskan, dalam indicator di Indeks Desa Membangun terdapat instumen yang sangat berkaitan dengan warga, seperti tentang aspek sosial. Pada aspek itu, terdapat aspek tentang bagaimana aktifitas sosial ada di desa, seperti gotong royong dan termasuk konflik sosial yang terjadi.

“sejauh ini di sini (Desa Batu Putih) sangat aman, aktifitas gotong royong juga tetap dilakukan. Jadi sangat wajar jika aspek ini juga memiliki indicator yang tinggi,” bebernya.

Kades Batu Putih, Sahriluddin sedang bergotong royong bersama warga. (Sumber. radio Arki)

Sementara itu, pada indicator lain yaitu indicator lingkungan dan indicator Kesehatan. Di Desa Batu Putih aktifitas lingkungan cukup terjaga meskipun memang perlu terus ditingkatkan, agar kesadaran warga tentang Kesehatan lebih meningkat. Seperti tentang stunting dan juga tentang bagaimana menjaga pencemaran lingkungan.

“semuanya tak lepas dengan warga, sehingga kami berharap kedepan kita ingin partisipasi warga terus akan kita tingkatkan. Karena apapun capaian yang kita raih dalam pembangunan harusnya ini memberikan pengaruh langsung kepada warga,” ungkapnya

Seperti diketahui, Indeks Desa Membangun akan sangat mempengaruhi penerimaan Dana Desa. Karena dalam pengalokasian Dana Desa terdapat indicator alokasi kinerja yang nilainya cukup besar, sedangkan dalam alokasi kinerja aspek Indeks Desa Membangun menjadi persentase yang cukup tinggi dalam pengukurannya. (iwenk/adv. Radio Arki)

Related posts

Kebijakan Migor Dinilai Tepat, Kabar Bumi KSB Minta Perkuat Pengawasan Distribusi

ArkiFM Friendly Radio

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Beringin Sila

ArkiFM Friendly Radio

RSUD Asy Syifa’ Pastikan Kebutuhan Obat Pasien Terpenuhi

ArkiFM Friendly Radio