ARKIFM

85 Pelajar KSB Terima Beasiswa SMK Unggulan AMMAN di Jawa Timur

Sumbawa Barat. Radio Arki – Sebanyak 85 pelajar tingkat SMP di Kabupaten Sumbawa Barat mendapat beasiswa SMK unggulan AMMAN Scholarship tahun 2023. Program beasiswa ini bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan akademis, tetapi dibekali juga dengan kredibilitas, agar kelak dapat membangun KSB yang unggul cerdas dan kompetitif.

Pelajar ini terpilih untuk melanjutkan pendidikan ilmu kejuruan atau vokasi di 8 SMK favorit yang ada di Provinsi Jawa Timur. Adapun 8 SMK tersebut yaitu SMK Wisudha Karya, SMK Raden Umar Said (RUS), SMK NU Banat, SMK NU Maarif, SMK PGRI 1, SMK PGRI 2 Kudus, SMK PGRI 2 Ponorogo dan SMK Brantas Karangkates, Malang.

Ini adalah tahun ketiga penerapan beasiswa program pendidikan vokasi. Tahun pertama ada sebanyak 10 anak KSB yang dikirim ke SMK Umar said Kudus. Tahun 2022 kembali mengirim 68 anak, dan sekarang tahun ketiga bertambah jumlah anak berprestasi sebanyak 85 anak. 85 anak ini terdiri dari 36 siswi dan 49 siswa yang berasal dari seluruh kecamatan di Sumbawa Barat.

Saat pelepasan penerima beasiswa di Central Kediaman Bupati, Selasa (11/7), Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, MM memberi semangat kepada para siswa beserta orang tuanya.

“Mereka di kirim bersekolah ke tempat yang lebih baik. Kita menyekolahkan anak kita ke luar daerah, tentu mereka akan bertemu dengan teman-teman baru dengan latar belakang berbeda, teman baru yang berkualitas, paling tidak jalan pikiran mereka berubah,” kata dia.

Bupati mengungkapkan bahwa penerima beasiswa ini diarahkan untuk hidup mandiri. Dengan bersekolah di luar daerah pula, nanti anak anak akan lebih luas wawasannya. Oleh karenanya, Bupati berharap kepada penerima beasiswa untuk bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.  

“Gapailah cita cita kalian. Manfaatkan baik baik kesempatan ini, kepada orang tua agar terus doakan. InsyaAllah ini akan bermanfaat untuk KSB dimasa yang akan datang,” tandasnya.

Terpisah, Priyo Pramono selaku Vice President Social Impact AMMAN, menerangkan bahwa, ini merupakan beasiswa untuk ketiga kalinya. Sasarannya adalah pelajar tingkat SMP untuk melanjutkan Study di 8 SMK Favorit yang ada di Provinsi Jawa Timur. Program pendidikan vokasi atau kejuruan tersebut dimulai tahun ini hingga tiga tahun ke depan.

Kedelapan SMK ini, lanjut dia, merupakan mitra pelaksana program Social Impact AMMAN di bawah kelolaan Djarum Foundation. SMK-SMK tersebut  telah menciptakan lulusan-lulusan profesional di berbagai bidang, yang berhasil mendapatkan kesempatan kerja di perusahaan-perusahaan berskala nasional dan internasional.

“Selain itu, SMK Wisudha Karya dan SMK Raden Umar Said (RUS) juga kerap meraih sejumlah penghargaan dan menjadi rujukan magang oleh Kemendikbudristek untuk siswa dan para guru vokasi dari berbagai daerah,” jelas dia.

Adapun sejumlah program yang tersedia antara lain Desain Komunikasi Visual, Animasi, Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Mesin, Teknik Automasi, Nautika Kapal Niaga, Teknik Kapal Niaga, dan Teknik Energi Terbarukan.

“Program beasiswa ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kompetensi pelajar asal Kabupaten Sumbawa Barat, hingga dapat bersaing di dunia industri yang begitu kompetitif. Program-program yang ditawarkan juga sesuai dengan kebutuhan industri saat ini,” tukasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

PDAM Sumbawa Barat Resmi Berubah Menjadi Perumda Air Minum Bintang Bano

ArkiFM Friendly Radio

Resmi Dikontrak, Hendro Susilo Targetkan PS Sumbawa Barat Jadi Juara Group

ArkiFM Friendly Radio

Wow..Ada Atlit Asal KSB Wakili Indonesia Di Kejuaran Karate Internasional

ArkiFM Friendly Radio