ARKIFM

BRIDA KSB Gelar Workshop Diseminasi Pengembangan Inovasi Teknologi

Sumbawa Barat. Radio Arki – Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melaksanakan Workshop Diseminasi Pengembangan Inovasi Teknologi Tahun 2023, di Aula Hanipati Resto, pada Kamis (2/11).

Kegiatan ini melibatkan pemateri dari Plt. Kepala BRIDA Provinsi NTB, serta pemateri Nasional Koordinator Pelaksanaan Fungsi Bimbingan Teknis Supervisi Direktorat Diseminasi dan Pemanfaatan Riset dan Inovasi Daerah BRIN.

Kepala BRIDA KSB, Agus, S.Pd., MM, menjelaskan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkuat daya dukung ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan riset dan inovasi sebagai upaya untuk meningkatkan daya saing dan kemandirian daerah.

Baca juga: Bupati dan Pj Gubernur NTB Teken Kesepakatan Kawasan Pertanian Pangan Berkelanjutan

“Workshop ini dilaksanakan sebagai langkah untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan inovasi, dengan menghadirkan pemateri yang ahli di bidangnya,” ungkapnya.

Peserta kegiatan Workshop ini ialah pemenang lomba inovasi dari tahun 2022 dan 2023. BRIDA KSB telah melaksanakan perlombaan inovasi selama dua tahun terakhir. Dari hasil lomba tersebut, setiap Dinas telah menciptakan inovasi yang walaupun masih perlu disempurnakan.

“Kami berharap melalui workshop ini, akan memotivasi peserta dan meningkatkan pengetahuan mereka untuk menciptakan inovasi yang lebih baik di masa depan,” ungkapnya.

Sementara itu, PLH Sekda Drs. Mulyadi menggarisbawahi bahwa inovasi merupakan upaya penting dalam mengembangkan ilmu untuk memudahkan pelayanan masyarakat. Inovasi teknologi juga, dapat menghemat waktu dan biaya, yang pada gilirannya dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Ditahan Atas Dugaan Korupsi, Mantan Kades Dasan Anyar Diserahkan ke Jaksa

“Inovasi bisa mencakup inovasi yang sepenuhnya baru dan inovasi yang dikembangkan dari yang sudah ada,” jelasnya.

Lebih jauh, Mulyadi memuji langkah BRIDA KSB dalam mengadakan Workshop Diseminasi Pengembangan Inovasi Teknologi ini, terutama karena peserta utamanya adalah para pemenang lomba inovasi. “Program ini adalah langkah yang sangat positif dalam meningkatkan ilmu pengetahuan dan inovasi di daerah,” katanya.

Selanjutnya, dia menekankan pentingnya tindak lanjut dari inovasi yang sudah dikembangkan, tidak hanya bagi Organisasi Perangkat Daerah, tetapi juga dalam pengembangan inovasi di bidang pertanian dan perikanan.

“Workshop Diseminasi Pengembangan Inovasi Teknologi 2023 ini, telah memberikan dorongan positif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta peningkatan inovasi di KSB. Sekaligus juga memastikan bahwa daerah ini terus bergerak maju dalam menciptakan solusi inovatif dengan berbagai inovasi,” tandasnya. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Lomba Balita Sehat dan Kampanye Stop Stunting, Meriahkan HKN ke-59 di Sumbawa Barat

ArkiFM Friendly Radio

Guru Agama Dipolisikan, PGRI dan AGPAII Galang Dukungan ke DPRD KSB

ArkiFM Friendly Radio

Pemda KSB Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1443 H