ARKIFM NEWS

Harlah ke 20, KSB Angkat Tagline ‘Sumbawa Barat Juara’

Sumbawa Barat. Radio Arki – Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin., MM, dalam pelaksanaan Upacara Hari Lahir (Harlah) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) Ke 20, paparkan sejumlah keberhasilan, di Halaman Graha Fitrah Kantor Bupati KSB, Senin (20/11). Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) genap berusia 20 tahun. Daerah yang memilih memisahkan diri dengan Kabupaten Sumbawa tanggal 20 November 2003 lalu itu berhasil melewati perjalanan cukup panjang. Di usia ke 20 tahun, KSB mengangkat tema ‘Sumbawa Barat Juara’

KSB kini bertransformasi sebagai kabupaten tersukses di Provinsi NTB melalui berbagai prestasi yang berhasil diraih. Tak heran, diusia yang masih remaja ini KSB mengangkat tagline Sumbawa Barat Juara. ‘’Kata juara tak hanya berkenaan dengan prestasi tetapi lebih dari itu. Kata juara mengandung makna semangat, etos kerja, kreatifitas, inovasi, kompetitif dan pola pikir progresif yang dimiliki masyarakat KSB dalam meraih cita-cita dan harapan,’’ jelas Musyafirin.

Semangat juara, menurut bupati dua periode ini, mampu diwujudkan dalam berbagai prestasi yang berhasil diraih selama perjalanan panjang yang dilalui daerah. Mulai dari penurunan angka kemiskinan, penurunan stunting, keberhasilan mengendalikan inflasi daerah periode ke tiga tahun 2023, sistem Monitoring Center for Prevention (MCP) KPK terbaik di Provinsi NTB hingga penghargaan Top 45 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) lingkup kementerian/lembaga, pemerintah daerah, BUMN/BUMD tahun 2023 kategori pelayanan publik terpuji.

‘’Ini menjadi kado terindah pada puncak HUT KSB ke 20 tahun. Apa yang telah kita raih hari ini, tidak terlepas dari kerjasama dan dedikasi semua pihak. Ini bukti nyata bahwa kebersamaan mampu menciptakan kehidupan yang baik dan berkelanjutan,’’ katanya.

Catatan manis keberhasilan pembangunan yang dilakukan pemerintah dibawah kendali Musyafirin ini bisa dilihat dari berbagai capaian yang telah diraih dari berbagai bidang. Penurunan angka kemiskinan tahun 2023 misalnya, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) angka kemiskinan di bumi Pariri Lema Bariri saat ini turun menjadi 12,95 persen dari sebelumnya sebesar 13,02 persen pada tahun 2022 lalu. ‘’Ini menempatkan kita sebagai salah satu dari lima Kabupaten/Kota di NTB berhasil menurunkan angka kemiskinan tahun 2023 ini,’’ urainya.

Prestasi lain dalam penanganan persoalan inflasi daerah, KSB kembali menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Provinsi NTB yang berhasil mendapatkan apresiasi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kategori kinerja pengendalian inflasi daerah periode III tahun 2023. ‘’Atas prestasi ini kita mendapatkan apresiasi insentif fiskal kinerja tahun berjalan senilai Rp 9,6 miliar lebih yang diserahkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian dan Menteri Keuangan, Sri Mulyani,’’ paparnya.

Bidang kesehatan yang menjadi isu nasional yaitu stunting, KSB kembali mencatatkan keberhasilan luar biasa. Berdasarkan Elektronik Pencatatan dan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGM), angka stunting Sumbawa Barat tahun 2023 turun menjadi 7,64 persen dari sebelumnya 15,80 persen pada tahun 2020. Keberhasilan penanganan stunting Sumbawa Barat tidak lepas dari imbas positif keberhasilan menuntaskan lima pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). ‘’Imbas dari keberhasilan lima pilar STBM ini berdampak langsung terhadap penurunan angka stunting di KSB,’’ katanya.

Bidang penyelenggaraan transformasi nilai dalam praktek pemerintahan daerah, KSB telah menerapkan sistem Monitoring Center for Prevention (MCP). Sebuah aplikasi yang dikembangkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk monitoring capaian kinerja program pencegahan korupsi melalui perbaikan tata kelola pemerintahan. Aplikasi ini merupakan mitigasi resiko korupsi melalui pemantauan perbaikan delapan area rawan terjadi Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Capaian hingga tanggal 10 November tahun 2023, KSB menjadi satu-satunya kabupaten/kota di Propinsi NTB yang mendapatkan nilai tertinggi.

‘’Kita diapresiasi sekaligus mendapat penghargaan dari KPK. Penghargaan diberikan pada puncak peringatan Hari Anti Korupsi se dunia yang berlangsung di Provinsi Papua pada tanggal 14 sampai 15 November lalu,’’ paparnya lagi.

Bidang inovasi, KSB masuk Top 45 inovasi pelayanan publik terpuji melalui inovasi gotong royong menuju tuntas lima Pilar STBM pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik untuk lingkungan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN maupun BUMD tahun 2023. ‘’Penghargaan ini akan diserahkan langsung Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Selasa, 21 November 2023 (besok,red) di Jakarta,’’ paparnya.

Pesan bupati, perjalanan panjang disertai raihan prestasi dalam usia ke 20 tahun ini diakuinya tidak lepas dari sejarah panjang pembentukan KSB sendiri. ‘’Perjalan panjang ini sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna, dimulai dari sejarah pembentukan, pembangunan dan pemerintahan. Hikmah yang bisa kita petik, setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya,’’ ingatnya.

Peringatan dan perayaan HUT KSB ke 20 tahun ini merupakan refleksi kebahagiaan yang harus dirasakan semua kalangan. Itu kenapa, bulan November setiap tahunnya, Pemda KSB menjadikan bulan tersebut sebagai bulan baik untuk meneruskan tradisi baik sekaligus memupuk kebersamaan dalam bingkai Gotong Royong. ‘’November kita isi dengan kegiatan tabligh akbar, kegiatan olahraga yang melibatkan semua kalangan, bhakti sosial, pameran pembangunan, carnaval budaya serta malam hiburan rakyat maupun kegiatan lain. Ini bentuk laporan atas capaian selama setahun terakhir sekaligus ajang hiburan untuk masyarakat,’’ tandasnya.

Bupati mengingatkan, apresiasi dan prestasi yang berhasil diraih KSB saat ini menjadi bukti bahwa dengan semangat Ikhlas, Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS) mampu mewujudkan harapan dan keinginan seluruh masyarakat KSB. ‘’Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarah. Bentuk penghargaan kita terhadap sejarah, pemerintah akan memberikan penghargaan kepada H. Amir Jawas, tokoh perintis, pendobrak pembentukan KSB. Penghargaan ini sebagai wujud nyata kecintaan kita terhadap tokoh sejarah pembentukan KSB itu sendiri,’’ paparnya. Tak lupa, H. Firin pun menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh masyarakat atas kecintaannya terhadap Kabupaten Sumbawa Barat. ‘’Saya bersama wabup dan seluruh jajaran Pemerintah Daerah akan terus berikhtiar memberikan pengabdian terbaik untuk Sumbawa Barat,’’ tambahnya. (*/Radio Arki)

Related posts

Catat !, 294 Karyawan Dilepas PT AMNT

ArkiFM Friendly Radio

Gelar Public Speaking, Pemdes Manemeng Tingkatkan SDM Masyarakat

ArkiFM Friendly Radio

Polres KSB Masih Dalami Dugaan Praktek Pungli Oknum Kades

ArkiFM Friendly Radio