NEWS

Tuntas Salurkan BLT DD 2023, Desa Mujahidin Komitmen Lanjutkan Dengan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrim

Keterangan : Kepala desa Mujahidin, H.Sahrul sedang melakukan penyaluran BLT, Senin 4 Desember 2023 lalu

Mujahidin. Radio Arki – Pemerintah Desa (Pemdes) Mujahidin Kecamatan Brang Ene, Senin 4 Desember 2024 lalu tuntas sampai pada tahapan akhir yaitu 12 bulan melakukan penyaluran Bantuan Langsung Tunai tahun 2023. Komitmen tersebut pasalnya tetap akan dilanjutkan untuk tahun 2024 mendatang dengan pola program yang akan disesuaikan dengan program penanggulangan kemiskinan ekstrim yang merupakan arahan kementerian desa.

“alhamdulillah sudah disalurkan semuanya. Kedepan (tahun 2024) program ini akan disesuaikan dengan program yang sesuai dengan aturan yang ada yaitu pengentasan kemiskinan ekstrim,” beber Kepala Desa Mujahidin, H.Sahrul, kepada media ini, senin 11 Desember 2023 pagi tadi.

Program bantuan langsung tunai, lanjut Sahrul, merupakan bagian dari program yang diarahkan oleh peraturan Kementerian desa, selain itu terhadap kondisi pasca pandemic covid-19 beberapa tahun lalu, pemulihan ekonomi Masyarakat desa, terutama warga yang masuk dalam miskin ekstrim harus perlu dibantu untuk pemulihan perekonomian.

Jumlah penerima untuk BLT tahun 2023 memang terbilang sedikit yaitu 32 kepala keluarga, tetapi jumlah itu telah sesuai dengan jumlah minimal yang seharusnya diadakan oleh desa. Meskipun pada beberapa bulan lalu terhadap arahan kebijakan yang berbeda tentang BLT, tetapi setelah melalui musyawarah dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) kebijakn itu tetap perlu diadakan sebagai upaya untuk pemulihan pasca pandemic.

Sementara itu, Ketua BPD Mujahidin, Supardi, S.A.P mengatakan komitmen untuk mengentaskan kemiskinan ekstrim tetap akan dilanjutkan, tetapi memang dengan pola yang berbeda dan disesuaikan dengan peraturan yang ada.

Berdasarkan arahan dalam peraturan Kementerian desa, kata Supardi, untuk tahun 2024 mendatang terdapat tiga pokok focus prioritas penggunaan dana desa. Pertama yaitu tentang peningkatan kualitas hidup, kedua tentang peningkatan kesejahteraan dan ketiga adalah tentang penanggulangan kemiskinan ekstrim.

“kita ikuti apa yang menjadi ketentuan. Saat ini tim penyusunan RKPDes (Rencana Kerja Pemerintah Desa) sedang disusun oleh tim, nanti kita lihat bagaimana program yang disusun sesuai dengan usulan aspirasi Masyarakat. Pastinya kami akan mendukung setiap program pemerintah des ajika telah sesuai dengan aturan dan kebutan Masyarakat desa,” demikian, tutup Supardi. (Advetorial/Iwenk. Radio Arki)   

Related posts

Kades Manemeng Berikan Santunan Bagi Warga Meninggal Dunia

ArkiFM Friendly Radio

Pelaksana Proyek Bendungan Bintang Bano Didemo Warga

ArkiFM Friendly Radio

Gelar Buka Puasa Bersama, HMI Badko Nusra Serukan Kedamaian

ArkiFM Friendly Radio