ARKIFM NEWS

Bupati KSB: Rakyat Butuh Pelayanan Terbaik, Bukan Sekedar Akreditasi  

“Pemerintah daerah Sumbawa Barat melalui dinas terkait sedang mengejar akreditasi sejumlah Puskesmas. Meski demikian, perbaikan pelayanan harus tetap menjadi ukuran utama dalam kesehatan.”

Sumbawa Barat. Radio Arki— Setelah sejumlah Puskesmas mendapatkan akreditasi. Pemerintah daerah Kabupaten Sumbawa terus mengejar akreditas untuk sejumlah puskesmas lain yang belum mendapat akreditasi atau pengakuan resmi tentang kualitas layanan dari badan terkait. Meski demikian, Bupati Sumbawa Barat, Dr.Ir.H.W.Musyafirin menegaskan, tidak membutuhkan akreditasi atau pengakuan secara administrasi belaka. Namun yang terpenting adalah pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

‘’Kalau Saya tidak butuh akreditasi, tapi yang terpenting benar-benar pelayanan yang diberikan kepada masyarakat adalah yang terbaik,” kata Bupati, dalam ramah tamah dengan Tim Akreditasi Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Dinas Kesehatan KSB, Minggu malam (17/09/2017).

Pertemuan tersebut merupakan prasurvey sebelum  survey akreditasi yang akan dilakukan terhadap dua puskesmas di Kecamatan, yaitu kecamatan Brang Ene dan Kecamatan Maluk.

Ia mengungkapkan, pemerintah daerah akan terus memberikan perhatian serius kepada bidang kesehatan. Sehingga sebagai bagian dari komitmen tersebut, dukungan anggaran kepada dinas kesehatan akan terus diberikan dengan porsi yang lebih besar. Tentu dengan harapan pelayanan kesehatan akan terus diperbaiki.

‘’Kehadiran kami di sini membuktikan kami sangat komit meningkatkan sektor kesehatan. Tentu petugas kesehatan terus memmberikan pelayanan di tingkat rata-rata dan bekerja dengan Ikhlas, Jujur dan Sungguh-Sungguh,” imbuh Bupati.

Sementara itu,  Ketua Tim Surveyor Komisi Akreditasi FKTP, I Made mengatakan, survei dalam rangka akreditasi Puskesmas Brang Ene dan Puskesmas Maluk akan dilaksanakan tiga hari ke depan. Yang dinilai dalam survei untuk akreditasi ini adalah menalaah dokumen administrasi yang ada di Puskesmas, menilai program, SOP dan dokumen lainnya. Kemudian peninjauan pelayanan, sarana dan prasarana serta wawancara dengan pimpinan Puskesmas dan jajaran, termasuk dengan lintas sektor.

Ia menegaskan, yang terpenting dari pasca Puskesmas mendapat akreditasi nantinya adalah Dinas Kesehatan terus melakukan pendampingan, untuk mengawasi pelayananyang diberikan kepada masyarakat.

‘’Saya yakin Pemerintah KSB, Dinas Kesehatannya hingga Puskesmas sangat komit untuk memberikan pelayanan terbaik seperti komitmennya untuk meraih akreditasi,” katanya.

Hadir dalam acara ini Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T. Ketua DPRD KSB, M. Nasir, S.T., M.T, Ketua Komisi I DPRD I, Asisten I Setda KSB, Drs. Mukhlis, M.Si. sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah, Direktur RSUD Asy-Syifa’ KSB, Camat Brang Ene dan Camat Maluk serta sejumlah Kepala Puskesmas.(Unang Silatang.Radio Arki)

 

Related posts

Dinas Dikbud KSB Mengucapkan Selamat Kepada Bupati KSB Atas Penganugerahan Rekor MURI

ArkiFM Friendly Radio

Danrem 162 WB Buka Kejurnas Tinju Amatir Danrem dan Bupati KSB Cup 2019

ArkiFM Friendly Radio

Tegas! Jalan ke Mako Brimob KSB Tidak Akan Dibuka Sampai Lahan Terbayar

Leave a Comment