NEWS

Penguatan Ketahanan Pangan, Pemdes Seminar Salit Salurkan Sejumlah Alat Pemberdayaan

Keterangan : Kepala Desa Seminar Salit sedang membagikan alat alat pemberdayaan untuk masyarakat

Brang Rea. Radio Arki-  Pemerintah Desa Seminar Salit, Kecamatan Brang Rea, Rabu 12 Juni 2024 lalu menyerahkan bantuan pemberdayaan masyarakat, . Penyerahan berupa alat pertukangan dan alat pertanian ini dilakukan di aula kantor desa setempat, dengan harapan alat-alat tersebut dapat meningkatkan produksi pangan dan ekonomi masyarakat setempat.

Kepala Desa Seminar Salit, Khairuddin, kepada media ini menyampaikan, program ini adalah salah satu upaya pemerintah desa untuk mendukung ketahanan pangan dan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Keterangan : Alat perbengkelan sedang dibagikan Pemdes

“alat perbengkelan ini diberikan untuk pemuda putus sekolah, sedangkan mesin air untuk kelompok tani dengan harapan mereka dapat berdaya dan menghidupi keluarga dan mengembangkan skill yang dimiliki,,” ujar Khairuddin.

Adapun alat mesin tersebut diberikan sebanyak 6 unit mesin air untuk masing-masing kelompok tani yang ada, sementara untuk 3 kelompok mendapatkan bantuan peralatan perbengkelan. Jumlah ini memang terbilang cukup sedikit, tetapi karena kemampuan keuangan desa hanya mampu dengan jumlah yang ada, ke depan pemerintah desa akan berusaha menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.   

Selain alat pertanian dan perbengkelan tersebut, pemerintah desa juga memberikan bantuan kepada satu kelompok wanita tani berupa alat dan sarana produksi untuk pengolahan pangan lokal. Bantuan ini dimaksudkan agar para ibu-ibu dapat mengembangkan industri rumahan menjadi produk lokal desa, berupa makanan ringan dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

“Pemdes sangat berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat, sehingga mampu meningkatkan produksi pangan dan membuka peluang usaha baru di desa kita,” tutup Khairuddin. (Adv/Iwenk. Radio Arki)

Related posts

Wabup Sebut Ada Praktek Pungli Di RSUD Asy Syifa

ArkiFM Friendly Radio

12.863 KPM di KSB Terima Bantuan Pangan Tahap II

ArkiFM Friendly Radio

Begini Progres Pembangunan Fasilitas Sirkuit MotoGP

ArkiFM Friendly Radio