ARKIFM NEWS

Bupati KSB : Kunci Kesuksesan Siswa, Ada Di Guru BAIK

“Program guru BAIK (Belajar, Aspiratif, Inklusif dan Kontekstual), diharapkan mampu dilakukan dengan maksimal di semua sekolah, sehingga proses belajar anak anak di sekolah bisa berjalan dengan maksimal”

Sumbawa Barat. Radio Arki – Kunci Kesuksesan Siswa ada di program guru BAIK (Belajar, Aspiratif, Inklusif dan Kontekstual). Demikian disampaikan Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M dalam sambutannya ketika membuka Sosialisasi Guru BAIK Kursus Singkat Literasi, di Hotel Ifa, Selasa pagi (31/7).

“Kunci kesuksesannya ada di program guru BAIK INOVASI, seperti Inklusif. Inklusif merupakan semangat pemerataan dengan menggeser perilaku eksklusif. Dua kunci sukses lainnya adalah, menggeser pola hubungan vertikal menjadi pola hubungan horizontal. Kemudian terakhir menggeser pola hidup individual menjadi pola hidup sosial”, terang Bupati, dihadapan 82 orang dari latar belakang pendidikan dan pemerintah

Ditegaskan Bupati, sebagai orang tua lebih lebih sebagai guru mempunyai tanggung jawab yang besar bagi anak-anak. Pemerintah sangat mengapresiasi program yang merupakan bagian ikhtiar memajukan pendidikan di KSB. Harus diyakini, jika semangat mengajar guru yang tinggi akan berbanding lurus dengan semangat siswa. Jika guru baik maka anak pun akan baik,

Karenanya, metode pendidikan atau pengajaran harus terus dikembangkan. Pengalaman menjelaskan bahwa semangat belajar siswa kurang karena kurangnya minat belajar pada anak-anak. Untuk itu, untuk meningkatkan minat belajar pada siswa, tentu harus diberikan motivasi cara atau teknik yang efektif.

“intelegensi tinggi, bodoh atau apapun itu dikesampingkan dulu, yang penting memotivasi. Inilah yang juga yang menjadi tujuan Inovasi, bagaimana membantu guru di KSB untuk mengembangkan metode agar anak-anak mau belajar dan cepat memahami pelajaran dengan efektif, mudah, efisien, Ujarnya.

Untuk diketahui program Inovasi merupakan program kemitraan dengan 12 kabupaten yang tersebar di Provinsi Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Timur. Program pendidikan INOVASI (Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia) adalah program kemitraan pendidikan Pemerintah Indonesia dan Australia yang bertujuan untuk menemukan Untuk diketahui, dan memahami cara-cara untuk meningkatkan hasil pembelajaran siswa – khususnya yang berkaitan dengan kemampuan literasi dan numerasi, baik itu di kelas maupun di sekolah. Bekerja dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, INOVASI menjalin senilai AUD$ 49juta ini, berjalan sejak tahun 2016 hingga tahun 2019 dan dikelola oleh Palladium atas nama Departemen Luar Negeri dan Perdagangan (DFAT) Australia. (Enk Radio Arki)

Related posts

Ratusan Warga KSB Gelar Shalat Istisqa

ArkiFM Friendly Radio

KPU Gelar Refleksi dan Evaluasi Pilkada KSB

ArkiFM Friendly Radio

Manchester United Ditahan Rostov, Mourinho Punya Keluhan Baru

Leave a Comment