Gelar Public Speaking, Pemdes Manemeng Tingkatkan SDM Masyarakat

0

“Membangun Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi suatu hal yang sangat penting dilakukan oleh pemerintah dalam menstimulasi modal pengetahuan untuk generasi mendatang. Disamping membenahi dan membangun insfrastruktur, pengembangan SDM tentu harus terus digiatkan. Salah satunya dengan menggelar kegiatan Publik Speaking dan Master Ceremony (MC).”

Sumbawa Barat. Radio Arki – Pemerintah Desa Manemeng kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di desa. Tak tanggung tanggung, pemerintah desa menemeng melibatkan 2 trainer yang memiliki lisensi public of speaking dan master of ceremony (MC) yakni, Aan Widhi Atma dan Bidan Maria Ulva Nalaraya yang kemudian dipercayai memberikan pembekalan kepada peserta yang mayoritas diikuti oleh pemuda tersebut.

Dihadapan puluhan peserta dan kedua trainer, Ibrahim Kepala Desa Manemeng, menjelaskan bahwa pentingnya memiliki kemampuan public speaking bagi setiap personal. Membekali kemampuan public speaking dan MC menurut Kades Ibrahim, merupakan salah satu komitmen Pemerintah Desa dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kami ingin melatih bapak ibu sekalian agar memiliki kemampuan public speaking. Kemampuan seperti itu sangat dibutuhkan, terutama saat ada acaranya masyarakat di desa. Oleh karenanya, kegiatan ini (Public Speaking, red) digelar sebagai bagian dari program pembangunan manusia di desa, selain program fisik yang sudah ada,” Terang Kades Ibrahim, di Aula Kantor Desa manemeng, Kemarin (13/1).

Sementara itu, ditemui media ini usai menyampaikan materi, Aan Widhi Atma memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Manemeng dalam menelurkan program pemeberdayaan pemuda di desa melalui kegiatan program public speaking. Founder Sumbawa school of public speaking tersebut berharap kegiatan tersebut memberikan multiplayer efek kepada masyarakat, terutama bagi peserta yang mengikutinya.

“Saya melihat program yang dibuat oleh Pemerintah Desa Menemeng ini sangat luar biasa, salah satunya adalah menjadi fokus utama melalui pemberdayaan pemuda di desa. Harapannya kegiatan seperti ini bisa berlanjut terus dan bisa menjadi program percontohan untuk desa yang lainnya di Sumbawa Barat”, Ucapnya.

Ia berharap, dengan dibimbing trainer yang professional dibidangnya, dirinya sangat yakin akan sangat berdampak bagi para peserta. Untuk memaksimalkan hasilnya, tentunya tak hanya saat diberikan pembekalan materi saja, melainkan harus ada program pendampingan lanjutan untuk mengetahui produktifitasnya.

Senada dengan Aan Widhi Atma, Maria Ulva Nalaraya yang juga aktif sebagai Humas IBI Kabupaten Sumbawa memberikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Manemeng atas inisiatifnya menggelar kegaitan Public Speaking. Kegiatan yang digelar menggunakan Dana Desa (DD) tersebut, berdampak positif di tengah tengah masyarakat. Menurutnya, kegiatan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), merupakan kegiatan agar memiliki kemampuan dan keterampilan jangka panjang dan bisa diregenarasi.

“Kita berharap efek dari digelarnya kegiatan ini bisa memberikan manfaat yang besar. Apalagi warga manemeng yang mengikuti kegiatan tampak sangat antusias mengikuti kegiatan public speaking. Tentunya kita berharap kedepannya minimal 50% bisa menyerap dan bisa mengimplementasi secara perlahan meskipun tidak komperhensif,” Tukasnya. (Enk. Radio Arki)

Leave A Reply