NEWS

Bawaslu KSB ‘Sapu Bersih’ APK Tidak Sesuai Prosedur

 

Sumbawa Barat. Radio Arki – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Sumbawa Barat (Bawaslu KSB) bersama KPUD KSB, Pihak Kepolisian dan anggota Sat Pol PP KSB melakukan penertiban Alat Peraga Kampanye (APK) berjenis baliho dan spanduk secara serempak di semua wilayah Se Kabupaten Sumbawa Barat. Penertiban APK tersebut dilakukan, terkait pemasangan APK yang dilakukan oleh Caleg atau timses yang tidak sesuai prosedur.

“Yang kami tertibkan hari ini meliputi APK yang dipasang di reklame berbayar yang mengandung unsur citra diri. Kemudian, APK yang dipasang diluar zona pemasangan yang telah ditetapkan,” terang Ketua Bawaslu KSB, Karyadi, SE kepada media ini di selah selah penertiban APK, siang tadi (4/2).

Terkait penertiban APK hari ini, lanjut Karyadi, ia mengaku sebelumnya telah melayangkan surat himbauan kepada partai politik tanggal 28 Januari 2019 lalu. Kemudian Selanjutnya untuk daerah yang tidak terjangkau, pihaknya telah berkoordinasi dengan Panwascam untuk kemudian dilakukan penertiban tanpa ada yang tersisa.

“Untuk daerah yang tidak terjangkau, kami (Bawaslu KSB, red) sudah koordinasi dengan Panwascam, PPK, dan Pol PP, serta Kapolsek di masing masing kecamatan guna melakukan penertiban serentak hari ini,” tambah Karyadi.

Ia juga menjelaskan bahwa, sebelumnya pengawasan melekat telah dilakukan terkait penertiban APK berserta bahan kampanye lainnya di tempat yang dilarang, seperti lembaga pendidikan, tempat kesehatan dan tempat ibadah, “Khusus tempat ibadah, Lembaga Pendidikan, tempat kesehatan, termasuk konten yang dilarang, semua kita ‘sapu bersih’, Tegas Karyadi.

Dalam pantauan mendia ini, tampak tim gabungan yang melakukan penertiban APK menyisir 10 titik wilayah di Kota Taliwang guna dilakukan penertiban. Penertiban yang dilakukan dengan pengawalan yang ketat oleh pihak kepolisian tersebut berlangsung lancar tanpa ada hambatan yang berarti. (Enk. Radio Arki)

 

Related posts

BUMDES Bakal Disupport Kementerian Lain Dan Perbankan

Sengketa Pilkades Poto Tano Diserahkan Kepada  MPS Kabupaten

ArkiFM Friendly Radio

Pengunjung Diminta Jaga Keindahan Bendungan Bintang Bano

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment