ARKIFM NEWS

Pemekaran Desa Seteluk Tengah Jadi Kado Harlah KSB

Sumbawa Barat. Radio Arki – Buah perjuangan masyarakat yang tergabung dalam Komite Desa Persiapan Seteluk Rea (sebelumnya Desa Persiapan Seteluk Raya), bisa dikatakan selangkah lagi. Pemekaran Desa Seteluk Tengah selaku Desa induk, menjadi Desa Persiapan Seteluk Rea diharapkan bisa menjadi kado pada Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumbawa Barat (HUT KSB) ke 16.

“Keinginan masyarakat Seteluk Tengah, alangkah baiknya dan bahagianya kami, jika pembentukan Desa Persiapan Seteluk Rea menjadi kado di harlah KSB yang ke 16,” ucap Ketua Komite Desa Persiapan Seteluk Rea, Habibie, dihadapan Wakil Bupati, Kepala DPMDes beserta jajarannya, belum lama ini.

“Kalaupun ada beberapa administrasi yang belum lengkap, saya berharap antara komite dengan dinas terkait bisa meningkatkan koordinasi,” imbuh Habibie.

Baca Juga : https://arkifm.com/7341-kekeringan-hmi-dan-polres-ksb-gelar-baksos-pembagian-air-bersih.html

Kepala DPMDes KSB, Drs. Mulyadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa syarat pembentukan desa persiapan. Dikatakan, untuk persyaratan pembentukan Desa Persiapan Seteluk Rea sudah terpenuhi, meski ada hal hal teknis berkaitan dengan adminisitrasi yang sedang diselesaikan. Kemudian terkait syarat lainnya seperti jumlah penduduk, luas wilayah dan batas wilayah lengkap dengan titik koordinat sudah diselesaikan. Oleh Pemerintah Daerah, selanjutnya dibuat Peraturan Bupati (Perbup).

“Untuk Perbup tentang pemekaran, saat ini sedang diproses. Bersamaan dengan itu, Perbup tentang pembentukan Desa Persiapan juga sedang diproses. Selanjutnya oleh pemerintah Provinsi kita diberikan kode register desa, kode register desa inilah menjadi dasar Pemerintah Daerah mengangkat Pejabat Kepala Desa dengan maksimal tiga tahun baru, kemudian didefinitifkan setelah dilakukan evaluasi oleh Pemprov dan mendapatkan kode desa dari Mendagri,” beber Drs. Mulyadi menyampaikan progress.

Untuk mendukung percepatan pembentukan Desa Persiapan Seteluk Rea, sambung Drs. Mulyadi, Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat telah menyiapkan anggaran di APBDes dan sudah masuk anggarannya untuk Desa Persiapan Seteluk Rea. “Anggaran untuk Desa Persiapan Seteluk Rea sudah masuk. Termasuk anggaran untuk penghasilan tentap perangkat desa dan sebagainya telah disiapkan,” ungkap Drs. Mulyadi.

Baca Juga : https://arkifm.com/7324-uji-kompetensi-sekda-ntb-di-mulai-pansel-diminta-kerja-profesional.html

Menaggapi keinginan Komite Pembentukan Desa Persiapan Seteluk Rea yang berharap pemekaran desa menjadi kado Harlah KSB, Wakil Bupati Fud Syaifuddin, ST menyampaikan, bahwa harapan masyarakat dari Desa Seteluk Tengah yang mau mekar, senada dengan harapan Pemerintah Daerah. Karena sejatinya, sambung Wabup, semakin banyak Desa yang mau mekar, maka semakin cepat pelayanan publiknya.

“Semuanya tergantung kalian. Jika cepat disiapkan segala kekurangannya, maka insyaAllah bisa dikejar. Kita berharap, paling cepat Desa Persiapan Seteluk Rea terbentuk di Harlah KSB, dan saat harlah, ada penyerahan dan langsung pelantikan PLTnya. Tapi, jika tidak bisa terkejar, maka paling telat dipelantikan Kepala Desa bulan Desember, Desa Persiapan Seteluk Rea terbentuk,” kata Wabup. (Enk. Radio Arki)

Related posts

Semarakkan Harlah, Pemda Sumbawa Barat Buat Konsep ‘Taliwang Festival’

ArkiFM Friendly Radio

Selundupkan Narkoba, Mahasiswa Asal Seteluk Diancam Pidana Mati

ArkiFM Friendly Radio

Ini Alasan Keterlambatan Penyerahan Laporan Realisasi Dana Desa

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment