ARKIFM NEWS

Tuntut Pemekaran, Warga Dusun Lamunga Segel Kantor Desa

 

Sumbawa Barat.Radio Arki- Warga dusun Lamunga Desa Batu putih Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis (5/1) siang tadi, menyegel kantor Desa setempat. Pasalnya, penyegelan itu dilakukan sebagai bentuk protes terhadap proses pemekaran  yang telah diajukan tetapi belum mempunyai titik terang.

lamungaWarga melakukan penyegelan kantor desa dan menutup jalan pertigaan di depan kantor Desa itu, sejak pagi jam 07.00 Wita sampai pukul 13.00 Wita. Ditempat itu, nampak pihak kepolisian yang tidak bisa berbuat banyak terhadap kondisi tersebut. namun setelah Bupati Sumbawa Barat hadir bersama jajaran Muspida, segel kantor tersebut akhirnya dibuka.

“kami harapkan ada kejelasan dalam hal usulan yang telah kami ajukan. Karena rakyat kami ingin ada kejelasan, termasuk dalam persoalan moratorium yang telah dikeluarkan oleh Menteri Dalam Negeri. Kami harap pemerintah memberikan dukungan
kepada kami untuk memperjuagkan proses ini,” ujar Baharun, salah satu coordinator aksi, didepan Bupati Sumbawa Barat dan beberapa jajaran Muspida yang telah hadir, di Kantor Desa Batu Putih.

lamunga-2aSebelumnya, Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir.H.W. Musyafirin, mengatakan, tujuan dan harapan masyarakat Lamunga dengan pemerintah itu sama, bahkan dukungan pemerintah daerah untuk mendorong pemekaran Dusun Lamunga sangat kuat, tetapi masih ada tembok penghalang di kementerian terkait, sehingga butuh kesabaran. Meski demikian, ia mengaku akan terus berkoordinasi dengan kementerian terkait, dan membuka diri agar masyarakat lamunga mau terus mengingatkan dirinya dalam mendukung dan memperjuangkan keinginan Dusun Lamunga.

“pemerintah siap mengawal dan semua persyaratan untuk pembentukan desa tetap akan kami perjuangkan, yang walaupun sekarang masih ada era moratorium pamekaran desa. Coba kebijakan ini hanya ada di pemerintah daerah, maka kami akan segera kami penuhi” tegasnya didepan sejumlah massa aksi, didepan kantor Desa Batu Putih.

lamunga-3Ia berharap, dukungan pemerintah daerah dan kondisi dikementerian terkait bisa dimengerti oleh warga setempat. Yang paling penting adalah masyarakat percaya bahwa pemerintah daerah Sumbawa Barat sangat serius terhadap keinginan warga dusun lamunga Desa Batu Putih untuk pamekaran.

“mari kita menjaga kondusifitas daerah. Percayakan seutuhnya kepada pemerintah daerah. Warga selalu punya kesempatan untuk mempertanyakan perkembangan proses tersebut (pemekaran), baik itu di Forum yasinan, di kantor dan dimanapun,”timpalnya. (AB-ArkiRadio)

Related posts

Bupati KSB Layangkan Edaran ‘Wajib Subkotraktor Berkantor Diluar Site’

ArkiFM Friendly Radio

RIP Dermaga Rakyat Digodok 2021

ArkiFM Friendly Radio

Cut Bina Rosvalya Nahkoda Baru Forkosis KSB

ArkiFM Friendly Radio

Leave a Comment