NEWS

Rekomendasi Rakerkab KONI Sumbawa 2023: Fokus Pengembangan Cabor

Sumbawa. Radio Arki – Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab), di Padepokan Bela Diri, GOR Mampis Rungan, Brang Biji, Sumbawa Besar, Selasa (7/11).

Dalam rapat tersebut, sejumlah hasil kesepakatan dan rencana strategis telah dibahas, dengan fokus utama pada pengembangan cabang olahraga (Cabor) di Kabupaten Sumbawa.

“Alhamdulillah tadi dinamika yang terjadi di Raker, usulan-usulan yang konstruktif, tentu dengan semangat membangun olahraga di Kabupaten Sumbawa ini,” kata Ketua KONI Sumbawa, Abdul Rafiq, SH.

Baca juga: KSB Dapat Apresiasi Kinerja Pengendalian Inflasi Terbaik Periode III Tahun 2023

Dari raker hari ini, beber Ketua KONI, ada beberapa rekomendasi yang dihasilkan, termasuk pembinaan atlet yang berkelanjutan, seperti try out, pelatihan pelatih, pelatihan wasit, dan pelatihan juri.

Terkait rencana penambahan cabang olahraga, Rafiq mengatakan bahwa hasil Porprov kemarin menjadi evaluasi. Medali yang didapatkan wajib dipertahankan, bahkan perlu ditingkatkan. Disamping skenario penambahan cabang olahraga baru yang memiliki peluang dan potensi mendulang emas. Sehingga target di tahun 2026 adalah melampaui perolehan emas di 2023.

“Kemudian yang kedua, kita akan melaksanakan event Porkab pada Mei 2024 yang melibatkan 24 kecamatan dan mengikuti regulasi Porprov. Kami akan merancangnya sedemikian rupa, insya Allah, agar berbeda dengan Porkab sebelumnya,” tambah Ketua KONI.

Ketua KONI juga menekankan bahwa hasil kesepakatan antara Pengurus KONI dan cabang olahraga yang hadir dalam rapat ini melibatkan beberapa aspek kunci. Salah satunya adalah bantuan dana pembinaan, yang bertujuan untuk mendukung perkembangan cabang olahraga. Hal ini akan memfasilitasi pelatihan dan persiapan atlet lokal juga, dalam menghadapi kompetisi tingkat nasional dan internasional.

Baca juga: Kejari Sumbawa Barat Berhasil Pulihkan Keuangan Negara 100 Juta Lebih

“Kita juga memiliki slogan baru dari hasil Rakerkab ini, yakni ‘Dari Sumbawa untuk NTB, untuk Indonesia, dan untuk Dunia,'” ujar Ketua KONI.

Usulan lainnya yang dibahas adalah pembangunan fasilitas olahraga. Pembangunan fasilitas yang memadai adalah langkah penting dalam meningkatkan kualitas olahraga di Sumbawa. Oleh karena itu, dalam rapat ini, diputuskan untuk memprioritaskan pembangunan fasilitas bagi beberapa cabang olahraga, termasuk fasilitas renang dan sirkuit.

“Ini diharapkan akan memberikan tempat yang lebih baik bagi atlet untuk berlatih dan mengembangkan bakat mereka,” pungkasnya. (*)

Related posts

Polres Bima Amankan Pelaku Kepemilikan Senjata Api Rakitan

ArkiFM Friendly Radio

Pemda Sumbawa Barat Upayakan PJU di KSB Merata

ArkiFM Friendly Radio

Bupati KSB Beri Bantuan 500 Juta ke Universitas Samawa

ArkiFM Friendly Radio